Google+ Followers

Rabu, 24 April 2013

UKURAN - UKURAN PANGGUL

Panggul Luar
  • Distansia Spinarum :  diameter kedua spina iliaka anterior superior ka/ki dari 24 - 26 cm
  • Distansia kristarum : diameter terbesar antara kedua crista iliaka kanan dan kiri 28 - 30 cm
  • Distansia boudeloque / konjugata eksterna : diameter antara lumbal -5 dengan tepi atas symfisis pubis 18-20 cm
Ketiga distansia ini di ukur dengan jangka panggul
Lingkar panggul yaitu jarak antara tepi atas symfisis pubis kepertengahan antara trokhanter dan spina iliaka anterior superior kemudian ke lumbal 5 kembali kesisi sebelahnya sampai kembali ketepi atas symfisis pubis. di ukur dengan metlin. normal 80 - 90 cm.

Panggul Dalam
Pintu Atas Panggul
  1. Konjugata vera / diameter antero posterior ( diameter depan - belakang ) yaitu diameter antara promontorium dan tepi atas symfisis 11 cm. Cara pengukuran dengan periksa dalam akan memperoleh konjugata diagonalis yaitu jarak dari tepi bawah symfisis pubis ke promontorium (12,5 cm)  dikurangi 1,5 - 2 cm. konjugata obstetrika adalah jarak antara promontorium dengan pertengahan symfisis pubis. 
  2. diameter melintang ( transversa), yaitu jarak terlebar antara ke-2 linea inominata 13 cm.
  3. Diameter oblik ( miring ) jarak antara artikulasio sakro iliaka dengan tuberkulum pubicum sisi yang bersebelahan 12 cm. 
Bidang tengah Panggul
  1. Bidang luas panggul terbentuk dari titik tengah symfisis, pertengahan acetabulum, dan ruas sacrum ke-2 dan ke-3. mereupakan bidang yang mempunyai ukuran paling besar, sehingga tidak menimbulakan masalah dalam mekanisme turunnya kepala. diameter anteroposterior 12,75 cm, diameter transversanya 12,5 cm.
  2. Bidang sempit panggul merupakan bidang yang berukuran kecil terbentang dari tepi bawah symfisis, spina ischiadika kanan dan kiri, dan 1-2 cmdari ujung bawah sacrum. diameter antero-posterior 11,5 cm, diameter transversa 10 cm.
Pintu Bawah Panggul
  1. terbentuk dari 2 segitiga dengan alas yang sama, yaitu diameter tuber ischiadikum. ujung segitiga belakang pada ujung os sacrum, sedangkan ujung segitiga depan arkus pubis.
  2. diameter anteroposterior yaitu ukuran dari tepi bawah symfisis ke ujung sacrum 11,5 cm
  3. Diameter transversa jarak antara tuber ischiadikum kanan dan kiri 10,5 cm
  4. Diameter sagitalis posterior yaitu ukuran dari ujung sacrum kepertengahan ukuran transversa 7,5 cm. 
Inklinatio pelvis
adalah kemiringan panggul, sudut yang terbentuk antara bidang semu Pintu Atas Panggul dengan garis lurus tanah sebesar 55-60 derajat.

Sumbu Panggul
sumbu ini secara klasik : garis yang menghubungkan titik persekutuan antara diameter transversa dan konjugata vera pada pintu atas panggul dengan titik - tik sejenis di hodge II, III, IV. sampai dekat hodge III sumbu itu lurus, sejajar dengan sakrum, untuk seterusnya melengkung kedepan, sesuai dengan lengkungan sacrum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar